*Ingatlah Lima Perkara Sebelum datang Lima perkara*

Minggu, 31 Agustus 2008

Marhaban Yaa Ramadhan (1)

Kajian Subuh oleh Ustd Ahmad Shodiq, MA

Kajian subuh minggu pagi yang rutin dilaksanakan setelah sholat subuh berjamaah di Masjid Assalam kali ini terasa berbeda, dengan moment menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. Diawali dengan Istighosah bersama-sama yang dipimpin Ustd Ahmad Shodiq dengan khusuk diikuti jamaah yang berlangsung kurang lebih 1 jam. Setelah selesai melaksanakan Istighosah dilanjutkan dengan tausiyah yang membahas tentang menyiapkan ruhani kita demi menyongsong dan menyambut bulan penuh berkah dan Maghfiroh dengan :
1). Mempersiapkan diri dengan meluruskan ibadah wajib mulai dari bulan Rajab dan ibadah sunnah mulai bulan sya’ban, sehingga ketika masuk bulan Ramadhan bukan persiapan lagi akan tetapi sudah mulai Start untuk Syiam dan Qiyam Ramadhan.
2). Menjemput datangnya malam seribu bulan (lailatul qadar) dengan Qiyamul lail bukan hanya di 10 malam terakhir, tetapi dari awal ramadhan.
3). Berusaha meningkatkan kwalitas puasa kita ke tingkat khowas (puasanya orang-orang khusus) dengan menjaga Panca indera dari yang diharamkan Allah, “gak pantes lagi saat ini kalo kita berpuasa masih mengeluhkan lapar dan haus” kata Ustadz yang sore ini akan melaksanakan promosi Doktor di UIN Jakarta.
Itulah beberapa kutipan tausiyah beliau pada kajian subuh kali ini, semoga Puasa Ramadhan yang akan kita jalani bisa menjadikan detoksinasi (peleburan) tidak hanya dari segi jasmani /kesehatan tubuh kita, lebih lagi bagi ruhani kita dari dosa yang pernah kita lakukan, karena kata Ulama akan rugi kalau ada masa kita “berjumpa” bulan Ramadhan sementara dosa-dosa kita tidak diampuni Allah SWT . Wallahualam bisahowab.

Tidak ada komentar: